Oleh: jokobudisantoso | Juli 16, 2008

Jaringan Pengusaha International

PENGUSAHA JARINGAN INTERNASIONAL
TUGAS MATA KULIAH SISTEM INFORMAS MANAJEMEN (SIM)

DOSEN : DR. ALI ROKHMAN

OLEH

JOKO BUDI SANTOSO (NIM P2 CC 07 102/2007)

AKHMAD SUHELI (NIM P2 CC 07 093/2007)

PENGUSAHA JARINGAN INTERNASIONAL

Sekelompok calon-calon pengusaha pada saat ini sedang gencarnya mengembangkan bisnis internet. Wang Zhidong dan Fernando Espeulas adalah dua contoh “Pengusaha jaringan” yang meluncurkan bisnis baru internet di Asia dan Amerika Latin.

Di Cina perusahaan yang berorientasi pada pasar bebas baru mulai berkembang, dan hanya satu diantara seribu penduduk yang menggunakan internet. Wang sebenarnya terlatih sebagai insnyur listrik, namun dia merancang perusahaan softwarebernama Stone Rich Sight (SRS) di Beijing dimana perusahaan ini menerima 6,5 juta US $ pada tahun 1997 dari kegiatan permodalan Amerika Serikat yaitu dari Walden International Group dan Robertson Stephen. Lebih dari satu juta halaman SRS ini ditampilkan di setiap harinya, sehingga menjadikan SRS sebagai salah satu situs berbahasa Cina paling popular di Dunia.

Pada bulan November 1998, SRS marger dengan Sinanetcom yang merupakan portal paling popular di kalangan “Global” atau penduduk non Cina yeng berlokasi di Cupertino, Calofornia. (Portal adalah sebuah situs yang menawarkan banyak jasa seperti E-mail, On-line Shopping, forum diskusidan perangkat-perangkat untuk mencari informasi). Dua situs yang bergabung ini sekarang dikenal dengan nama Sina.com dan telah menjadi situs paling ramai (banyak dikunjungi) dalam pasar situs berbahasa cina. Untuk menghindari konflik dengan pemerintah Cina, Sina.com membuat portal terpisah masing-masing untuk pangasa pasar Cina, Taiwan, Hongkong, dan Amerika Serikat.

Perusahaan ini menerapkan portal yang berbahasa Cina yang berorientasi pada penduduk loka dan memiliki pelayanan yang memuaskan yang mengkombinasikan content, pelayanan, dan kemampuan mencari informasi dalam Web (jarinagn) yang bagus. Sebagai contoh, Portal Sina.com untuk Amerika Serikat menyediakan berita, Bursa Saham Dow Jones, Iklan, Shopping, E-mail, Link ke situs-situs berbahasa Cina lain, dan perangkat-perangkat untuk mencari informasi. Untuk menyediakan content yang didesain untuk Cina, Wang bekerjasama dengan Koran, majalah, stasiun televise, dan media setempat lainnya. Jumlah pendapatan Sina ini didapatkan dari iklan, yang sebagian besar berasal dari Amerika dan Taiwan. Namun, Sina.com berharap untuk dapat menggunakan biaya berlangganan untuk mengakses dan menambah kegiatan perdagangan melalui media elektronik ini dan menambah kegiatan perdagangan melalui media elektronik ini dan menambah kemampuan komunikasi untuk kegiata internet dan situsnya.

Fernando Espuelas sebelumnya telah menjabat sebagai Managing Director termuda di AT&AT’s, namun dia menginginkan untuk membuat perusahaan sendiri, mendapatkan ide : “Bagaimana jika menciptakan situs Amerika Latin yang memuat berita, E-mail, iklan, game, dan ruang chating dengan user lain secara on-line yang dapat dijangkau di seluruh Amerika Latin. Espuelas percaya bahwa penduduk Amrika Latin pada saat ini menginginkan adanya rasa persatuan yang dapat memperluas perbatasan nasional.

Pada tahun 1996, Espuelas bergabung dengan teman lamanya Jack Chen untuk menciptaka sebuah situs yang menawarkan content dan pelayanan local pada pasar Amerika Latin dengan gaya Amerika. Dia memilih nama Star Media sebuah nama Inggris untuk perusahaannya karena penduduk Amerika Latin memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi pad merk-merk yang berasal dari Amerika namun demikian nama tersebut dapat diterjemahkan dengan baik dalam bahasa Spanyol dan Portugis. Espuelas berharap bahwa Star Media dapat mencipta ulang Plaza yaitu sebuah area tempat barkumpul orang-orang Amerika Latin dalam internet.

Hari ini Star Media telah berhasil menarik minat kurang-lebih 2 juta pengunjung setiap bulannya. Star Media memiliki kantor 19 negara dan juga membuat suatu rancangan khusus menarik jumlah pengguna internet yang semakin banyak dari penduduk Amerika Latin. Meskipun hanya 1-2% dari rumah tangga Amerika Latin yang memiliki computer pribadi (PC), namun sekitar 34 juta orang menggunakan internet dan setiap harinya jumlahnya semakin bertambah dengan cepat. Terlebih lagi, 72% penduduk Amerika Latin penguna internet beusia antara 18-34 tahun. Yang merupakan sebua kelompok demografi yang menarik bagi para pengiklan. Perusahaan data Inernasional, Framingham yaitu sebuah firma yang bergerak di bidang penelitian di Massachusetts, memprediksi bahwa penduduk Amerika Latin akan menghabiskan lebih dari 8 Miliar US $ untuk kegiatan On-line di akhir tahun 2003. Star Media juga telah mengembangkan content untuk Hispanic di Amerika. Pendapatan Star Media didapatkan dari iklan yang berasal dari perusahaan multinasional yang memiliki minat pada Amerika Latin dan dari perusahaan-perusahaan yang memiliki minat pada perdagangan via elektronik. Star Media untuk dapat menjual content berlangganan sebagai “Paket nilai tambah” dan cotent pelayanan seperti Sumber data keuangan, eksistensi situs, dan paket E-mail service secara bersamaan untuk bisnis-bisnis bersekala kecil.

Untuk bahan pemikiran : Seberapa pentingkah kehadiran internet dalam kaitannya dengan penyusunan strategi dan operasi perusahaan-perusahaan yang bergerak didalamnya?

Peranan dan fungsi internet dalam narasi di atas sangatlah penting bagi Wang Zhidong dan Fernando Espeulas dalam seluruh Aktifitas dan kegiatan bisnisnya karena baik Wang Zhidong dengan companinya SRS yang di Beijing maupun Fernando Espeulas sengan Companinya Star Media mereka adalah pebisnis “jaringan net” yang sangat membutuhkan banyak pihak (Stekholder) dalam setiap aspek manajemen baik manajemen pemasaran, operasi, dan pengendalian maupun manajemen strateginya. Maka, dengan banyaknya stekholder yang terlibat diutuhkan waktu dan ruang dan fasilitas sumber daya lainnya yang sangat besar jika mereka tidak menggunakan “jaringan net” yang memiliki teknologi dan system informasi ang tinggi agar seluruh simpul-simpul stekholder dapat digerakkan dalam tempat yang singkatuntik mencapai tujuan perusahaan. Dengan kata lain teknologi informasi yang tinggi dan saling berhubungan merupakan persyaratan yang harus ada pada perusahaan-perusahaan yang ingin terus maju. Lebih-lebih perusaan yang bergerak pada penjualan produk internet dimana pada setiap aspek manajemen sangat membutuhkan “Link” dan berhubungan dengan system informasi yang terpelihara dengan baik.

Dalam hal ini untuk manajemen mengendalikan dan operasional baik perusahaan di Beijing maupunsetelah marger dengan Sina.net.com maupun Wang Zhidong dan Fernando Espeulas Star Media. Kedua-duanya merupakan busnis yang sangat membutuhkan sarana internet baik dalam pemasaran, pengendalian maupun kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan bisnisnya.

Sumber :

1. Andrea Peterson, “E-Commerce Apostles Trget Lathin Amerika, but it’s a Thoug Sell”, The Wall Street Journal, January 25, 2000

2. Lislie Chang, “Sina.com Bends to Beijing to Get Nasdaq Listing”, The Wal Street Journal, March 29, 2000

3. Harold Goldberg, “Star Media : Porta Rica”, The Industry Standard, March 1, 1999

4. James Ryan : “China.com”, The industry Standard, January 15, 1999.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: